Sabtu, 17 November 2012

Contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran


Contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran
Contoh Paragraf Deduktif
Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya . Contohnya di pulau Sumatra yang terdiri dari suku batak, suku minang , suku aceh, suku melayu dan lain-lain yang masing-masing memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Bukan hanya dipulau Sumatra saja, bahkan di pulau Jawa, Kalimantan, dan juga pulau-pulau lainnya juga terdapat macam-macam suku dengan kebudayaannya.
Contoh Paragraf Induktif
Selain kaya akan budaya , Indonesia juga memiliki lahan pertanian yang subur yang banyak menghasikkan rempah-rempah , bahan pangan , bahkan juga buah-buahan. Dari segi barang tambang , Indonesia juga sangat potensial, terbukti Indonesia salah satu Negara di Asia yang meng ekspor minyak bumi, batu bara, dan barang tambang lainnya. Maka tidak salah kalau dikatakan Indonesia adalah Negara yang kaya.
Contoh Paragraf Campuran
Saat ini Indonesia sedang berusaha membangkitkan perekonomiannya. Banyak usaha yang dilakukan, mulai dari menekan jumlah barang import yang mengalahkan pemakaian barang lokal. Pemerintah juga meluaskan lapangan pekerjaan, agar sumber daya manusia (SDM) dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembangunan Negara. Bagia pelaku korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang sangat merugikan perekonomian Negara tentunya akan diberikan sanksi tegas. Karna yang kita ketahui Indonesia terpuruk akibat KKN yang terjadi di segala institusi. Oleh karena itu, dengan usaha yang dilakukan sekarang diharapkan Indonesia dapat membangkitkan perekonomiannya.


Berikut ini adalah contoh-contoh paragraf deduktif - induktif :

# Contoh 1

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingginya kolesterol merupakan faktor resiko yang paling besar seseorang untuk menderita penyakit jantung kororner. Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya kolesterol, tetapi yang dianggap paling besar perannya dalam masalah tersebut adalah tingginya konsumsi lemak serta kandungan konsumsi asam lemaknya. Dalam hal ini, minyak goreng merupakan sumber utama lemak yang tidak baik. Dengan demikian, kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.



# Contoh 2

Siswa kelas VI belajar untuk menghadapi ujian dua bulan yang akan datang. Mereka sangat berkonsentrasi pada pelajaran yang diberikan oleh Ibu guru. Tampak situasi kelas lebih tenang. Keteangan kelas mereka bukan berarti sunyi dan sepi, tetapi suasana kelas mereka hidup, yaitu timbulnya tanya jawab tentang pelajaran yang sedang dibahas. Suasana yang hidup ini benar-benar membangkitkan semangat guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Juga suasana yang hidup itu menimbulkan kesungguhan para siswa dalam belajar. Suasana giat belajar itu dilakukan dan diciptakan siswa kelas VI dalam menghadapi ujian yang sudah diambang pintu


# Contoh 3

Chairil Anwar terkenal sebagai penyair. Ia disebut penyair yang membawa pembaharuan dalam puisi. Ada yang mengatakan dia sebagai seorang individualis. Ada yang menilai bahwa ia seorang yang kurang bermoral dan plagiat karena ada sebagian kecil dalam gubahannya merupakan jiplakan dari puisi asing. Dalam sajak-sajaknya yang dikumpulkan dalam "Deru Campur Debu" memperlihatkan adanya perbedaan bentuk, corak, gaya, dan isi. Tanggapan orang terhadap Chairil berbeda-beda. Namun, bagaimanapun ia tetap seorang penyair besar yang membawa kesegaran baru dalam bidang puisi pada 1945


# Contoh 4

Di dalam memutuskan suatu kebijakan, presiden sebagai kepala negara dan sebagai kepala pemerintahan sangat membutuhkan pertimbangan dan nasehat dari seseorang atau sekelompok orang. Tujuannya ialah agar kebijakan yang diputuskannya sesuai dengan prinsip hukum, demokrasi, pemerintahan yang baik untuk mencapai tujuan negara. Para pendiri bangsa ini menyadari akan kebutuhan presiden mengenai hal itu. Oleh karena itu, Undang - Undang Dasar kitamengamanatkan untuk emmbentuk suatu dewan yang bertugas untuk itu. Yang penting adalah kebutuhan presiden akan pertimbangan dan nasehat dari pihak lain dapat terpenuhi sehingga ia tidak menyalahi peraturan yang ada.


# Contoh 5

Peningkatan taraf pendidikan para petani sama pentingnya dengan usaha peningkatan taraf hidup. Petani berpendidikan cukup dapat mengubah sistem pertanian tradisional, misalnya bercocok tanam hanya memenuhi kebutuhan pangan, menjadi petani yang produktif. Petani yang berpendidikan cukup, mampu memberikan umpan balik yang setimpal terhadap gagasan-gagasan yang dilontarkan perencana pembangunan, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. itulah sebabnya peningkatan taraf pendidikan para petani dirasakan sangat mendesak.

 
(indahf/Carapedia)

Pencarian Terbaru (100)
Contoh paragraf deduktif. Paragraf deduktif. Contoh paragraf deduktif dan induktif. Contoh kalimat deduktif. Paragraf deduktif dan induktif. Contoh paragraf induktif dan deduktif. Kalimat deduktif.
Contoh paragraf deduktif induktif dan campuran. Paragraf deduktif contoh. Contoh kalimat deduktif dan induktif. Contoh paragraf deduktif induktif. Contoh paragraf deduktif pola contoh. Kalimat deduktif dan induktif. Contoh karangan deduktif.
Contoh paragraf deduksi. Contoh kalimat induktif dan deduktif. Paragraf induktif dan deduktif. Pengertian paragraf deduktif dan induktif. Paragraf deduktif induktif. Contoh deduktif. Deduktif dan induktif.
Karangan deduktif. Deduktif. Paragraf deduktif pola contoh. Contoh kalimat deduktif dan kalimat induktif. Kalimat induktif dan deduktif. Contoh karangan induktif. Pengertian paragraf deduktif.
Pengertian deduktif. Contoh paragraf induktif deduktif. Contoh contoh paragraf deduktif. Contoh kalimat deduktif induktif. Contoh paragraf deduktif dan paragraf induktif. Contoh deduktif dan induktif. Induktif dan deduktif.
Contoh paragraf deduktif tentang kesehatan. Paragraf deduktif induktif dan campuran. Contoh paragraf deduktif tentang pendidikan. Paragraf deduksi. Kalimat deduktif dan kalimat induktif. Contoh paragraf umum khusus. Contoh kalimat paragraf deduktif.
Contoh paragraf induktif deduktif dan campuran. Contoh induktif dan deduktif. Paragraf deduktif adalah. Contoh kalimat deduksi. Pengertian deduktif dan induktif. Contoh paragraf yang baik. Perbedaan paragraf deduktif dan induktif.
Kalimat deduktif induktif. Paragraf induktif dan paragraf deduktif. Contoh karangan deduktif dan induktif. Kalimat induktif deduktif. Artikel deduktif. Contoh deduksi. Contoh paragraf ineratif.
Contoh paragraf umum ke khusus. Contoh paragraf deduktif tema pendidikan. Artikel paragraf deduktif. Kalimat induktif dan kalimat deduktif. Deduktif induktif. Contoh paragraf deduktif induktif campuran. Karangan deduktif dan induktif.
Contoh paragraf induktif dan paragraf deduktif. Artikel paragraf deduktif dan induktif. Paragraf deduktif tentang kesehatan. Paragraf deduktif dan induktif contoh. Artikel. Contoh karangan paragraf deduktif. Contoh paragrap deduktif.
Paragraf induktif deduktif. Contoh paragraph deduktif. Pengertian paragraf induktif dan deduktif. Contoh contoh kalimat deduktif. Contoh paragraf khusus umum. Contoh kalimat deduktif induktif dan campuran. Karangan induktif dan deduktif.
Contoh paragraf deduktif tema kesehatan. Contoh paragraf eksposisi deduktif. Paragraf deduktif dan induktif adalah. Kalimat paragraf deduktif. Contoh artikel deduktif. Paragraf deduktif tentang pendidikan. Contoh karangan paragraf induktif.
Contoh teks deduktif. Contoh pragraf deduktif. Contoh contoh paragraf deduktif dan induktif. Contoh cerita deduktif. Contoh paragraph. Deduktif dan induktif adalah. Paragraf induktif dan deduktif contoh.
Paragraf deduktif tema pendidikan. Contoh paragraf campuran deduktif dan induktif. Jenis paragraf deduktif. Contoh paragraf deduktif dan induktif bahasa indonesia. Pengertian paragraf deduktif induktif dan campuran. Contoh karangan induktif dan deduktif. Paragraf deduktif dan paragraf induktif.
Pengertian deduktif dan contohnya. Contoh cerita paragraf deduktif.
contoh paragraf induktif contoh
Pengertian Paragraf Induktif

Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia kita menjumpai yang namanya sebuah paragraf Induktif, Induktif adalah “Dari sesuatu yang khusus menuju kesesuatu hal yang umum”. Jadi Paragraf Indukif  adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas. Banyak soal-soal Ujian yang mengenai Paragraf induktif, seperti diminta mencari atau membuatnya.

Paragraf induktif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Terlebih dahulu menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus
  2. Kemudian, menarik kesimpulan berdasarkan peristiwa-peristiwa khusus
  3. Kesimpulan terdapat di akhir paragraf
  4. Menemukan Kalimat Utama, Gagasan Utama, Kalimat Penjelas
  5. Kalimat utama paragraf induktif terletak di akhir paragraf
  6. Gagasan Utama terdapat pada kalimat utama
  7. Kalimat penjelas terletak sebelum kalimat utama, yakni yang mengungkapkan peristiwa-peristiwa khusus
  8. Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mendukung gagasa utama

Contoh :

Di era zaman globalisasi ini, banyak orang yang memiliki sepeda motor. Itu disebabkan, karena sekarang mereka bisa memiliki sepeda motor dengan cepat dan mudah. Agar tidak datang terlambat, banyak orang yang berangkat bekerja dengan mengendarai sepeda motor. Bahkan anak sekolah pun tidak mau kalah. Mereka berangkat ke sekolah memilih mengendarai sepeda motor. Dari pada naik sepeda biasa ataupun angkutan umum. Begitu juga dengan ibu-ibu. Untuk pergi ke pasar saja, mereka menggunakan sepeda motor. Hal ini menunjukkan bahwa sekarang sepeda motor dianggap sebagai barang yang sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.


Sejak suaminya meninggal dunia dua tahun yang lalu, Ny. Ahmad sering sakit. Setiap bulan ia pergi ke dokter memeriksa sakitnya. Harta peninggalan suaminya semakin menipis untuk membeli obat dan biaya pemeriksaan, serta untuk biaya hidup sehari-hari bersama tiga orang anaknya yang masih sekolah. Anak yang tetua dan adiknya masih kuliah di sebuah perguruan tinggi swasta, sedangkan yang nomor tiga masih duduk di bangku SMA. Sungguh berat beban hidupnya.

Keberhasilan para peneliti ITB ini membuat Indonesia merupakan satu-satunya negara yang berhasil mengucurkan minyak jarak alami tanpa campuran solar apa pununtuk menggerakkan mesin diesel. Sementara di negara lain, minyak jarak digunakan sebagai campuran solar untuk mengurangi bahan bakar fosil ini. Oleh karena itu, keberhasilan para peneliti di ITB patut mendapat acungan jempol.

Gagasan utama paragraf tersebut terdapat diakhir paragraf (Induktif),

ontoh 2

Semua orang tua tentu berharap kelak anaknya menjadi orang sukses. Indikator kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. Oleh sebab itu, banyak orang tua memilih pendidikan yang tepat agar anaknya dapat bersaing di dunia kerja. Pendidikan yang tepat memang akan membuat peluang kerja di masa depan semakin terbuka jelas.

Keterangan: Paragraf utama terletak di akhir paragraf.


Contoh 3

Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.

Keterangan: Paragraf utama terletak di akhir paragraph

# Contoh 2

Pada waktu anak didik memasuki pendidikan formal, pendidikan bahasa Indonesia secara metodologis dan sistematis bukanlah merupakan halangan baginya untuk memperluas dan memantapkan bahasa daerah. SEtelah anak didik meninggalkan kelas, ia kembali mempergunakan bahasa daerah dengan teman-temannya atau orang tuanya. ia merasa lebih intim dengan bahasa daerah. jam sekolah hanya berlangsung selama beberapa jam. Baik waktu istirahat ataupun diantara jam-jam pelajaran, unsur-unsur bahasa daerah tetap digunakan. Ditambah lagi jika sekolah itu bersifat homogen dan gurunya penutur  asli bahasa daeah itu. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan tetap maju


# Contoh 3

Panas atau demam yang tinggi selama beberapa hari dapat dicurigai sebagai demam berdarah. Seseorang yang menderita demam berdarah juga mengalami pendarahan dari lubang hidung atau mimisan. Selain itu, muncul bintik-bintik merah pada tubuh. Semua gejala tersebut hendaknya diperhatikan sehingga jika terjadi gejala-gejala tersebut, penderita bisa ditolong dan ditangani d

1 komentar: